Sunday, November 7, 2010

Rahasia Kalori Makanan dalam Menu Diet

Sebelum Anda menyusun menu diet buat menurunkan berat badan, ada satu hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu, yaitu tentang rahasia kalori makanan. Jika Anda sudah mengetahui rahasia ini, Insya Allah akan lebih mudah menyusun menu diet Anda.

Pembakaran Kalori

Begini. Tubuh kita tiap hari membakar kalori yang berasal dari makanan . Pembakaran kalori bertujuan untuk mendapatkan energi. Itulah sebabnya, kita akan merasa bertenaga setelah makan.


Setiap makanan atau minuman memiliki jumlah kalori tertentu. Misalnya, 1 sendok makan mentega mengandung kalori sejumlah kira-kira 100 kalori. 1 cup kecil es krim mengandung kira-kira 240 kalori.

Kalori yang dibakar oleh tubuh berbeda-beda pada setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan banyak sedikitnya kalori makanan yang dibakar dalam tubuh seseorang. Misalnya, tingkat aktivitas orang tersebut. Semakin banyak bergerak, semakin tinggi tingkat pembakaran kalorinya.

Dalam keadaan tidak berolahraga, rata-rata wanita Indonesia membakar sekitar 1300 kalori setiap harinya. Untuk pria, kalori yang dibakar bisa lebih tinggi, yaitu antara 2000-2500 kalori per hari.

Kelebihan kalori yang tidak dibakar akan disimpan di dalam tubuh kita dalam bentuk cadangan lemak. Jadi, jika sekarang berat badan Anda kelebihan 10 kg, misalnya, itu adalah akumulasi kelebihan kalori makanan yang tidak dibakar selama sekian lama.

Rumus Kalori

Berdasarkan penjelasan saya di atas, dapat disimpulkan sebuah rumus sederhana yang dapat Anda jadikan patokan:

Kalori masuk = kalori dibakar ===> Berat badan stabil
Kalori masuk > kalori dibakar ===> Berat badan naik
Kalori masuk < kalori dibakar ===> Berat badan turun

Apa arti rumus di atas? Jika kita ingin menurunkan berat badan, rahasianya adalah mengurangi asupan kalori agar lebih sedikit dari kalori yang dibakar tubuh kita sehari-hari. Dengan demikian, otomatis tubuh kita akan menggunakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi. Cadangan lemak terpakai, otomatis berat badan kita pun akan turun!

Masih Belum “ngeh”?

Penjelasan tentang kalori di atas sudah saya buat sesederhana mungkin. Semoga Anda mengerti. Namun, jika Anda masih bingung, akan saya contohkan menu makanan sehari-hari yang membuat berat badan Anda terus melambung naik.

Sarapan Pagi 
2 lembar roti tawar bersemir margarin + selai = 400 kalori
Teh manis = 150 kalori

Camilan Pagi
2 potong gorengan = 150 kalori

Makan Siang
Nasi plus lauk-pauk = 600 kalori
Minuman bersoda = 200 kalori

Camilan Sore
Pergi ke Mc Donald, makan Big Mac Burger = 570 kalori
Es krim = 200 kalori

Makan Malam
Nasi plus lauk-pauk = 600 kalori

Kalau ditotal, menu di atas berjumlah 2870 kalori. Jika kalori yang dibakar tubuh Anda cuma 1300 kalori, maka sisanya sebanyak 1570 kalori (lebih dari separuhnya!) akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak di tubuh Anda.

Jadi, Anda sudah paham bukan mengapa Anda gemuk dan terus bertambah gemuk setiap hari?

Dalam postingan berikutnya, insya Allah saya akan membahas tentang menu diet untuk menurunkan berat badan yang menerapkan rahasia kalori makanan.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, share sebanyak-banyaknya dengan teman-teman Facebook Anda, ya! Cukup dengan KLIK DI SINI

No comments: