Monday, November 22, 2010

Pantangan Ibu Menyusui

Anda seorang ibu menyusui? Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang merupakan pantangan ibu menyusui, yaitu:

Alkohol

Inilah pantangan ibu menyusui yang paling utama. Di samping memang diharamkan dalam Al Quran, alkohol termasuk jenis minuman tidak sehat yang SANGAT TIDAK DISARANKAN untuk dikonsumsi, baik ibu hamil maupun ibu menyusui. Kandungan alkohol terbukti memberikan efek negatif bagi tubuh, di samping berpengaruh terhadap kualitas ASI Anda.


Minuman isotonik

Minuman penambah stamina ini kerap diklaim mengandung natrium, kalsium, kalium dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh lainnya. Tapi kalau dikonsumsi saat tubuh tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat, maka kandungan ion dalam minuman ini tidak memberikan efek positif. Kafein pada minuman isotonik juga tidak baik bagi kesehatan Anda di samping memperburuk kualitas ASI.

Softdrink

Kandungan gula dalam softdrink sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Minuman ini juga menimbulkan efek kecanduan. Walhasil, jika terlalu sering dikonsumsi, bisa bikin badan melar!

MSG

MSG adalah salah satu pantangan ibu menyusui yang harus diperhatikan. Di beberapa negara, konsumsi MSG yang masih ditoleransi adalah 0,3-1 gram/hari. Dikatakan berlebihan bila konsumsi MSG sudah lebih dari 30 mg/kg berat badan per hari. Masalahnya, tak mudah menghitung sudah berapa banyak MSG yang tercampur dalam setiap makanan atau kudapan yang masuk dalam tubuh.

MSG diduga menyebabkan kumpulan gejala penyakit yang disebut Chinese Restaurant Syndrome(CRS). Gejalanya antara lain rasa kebal pada leher bagian belakang, lengan dan seluruh tubuh terasa lemah serta terjadi peningkatan denyut nadi. MSG juga menimbulkan sejumlah efek samping alergi seperti asma, gatal-gatal, infeksi kulit, gangguan irama jantung, kelainan saraf tepi dan gangguan pencernaan.

Makanan dengan pengawet/pewarna

Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B. Efek sampingnya? Menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker. Sedangkan zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks banyak digunakan dalam bakso, mi, tahu.

Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah salah satu pantangan ibu menyusui yang efek sampingnya baru dirasakan dalam jangka panjang. Beberapa efek samping aspartame (pemanis buatan) antara lain: pusing, mual, gangguan ingatan, kejang, jantung berdebar, sesak nafas, dll. Jika dikonsumsi berlebihan, dalam jangka panjang dapat menyebabkan kematian.

(Dari berbagai sumber)

Makanan Sehat Ibu Menyusui?

No comments: